Sumber Koso, Magnet Wisata Baru Gunung Lawu

Kolam Ikan di Sumer Koso, Desa Girikerto, Kecamatan Sine

Keberadaan Gunung Lawu memiliki peran penting bagi Kabupaten Ngawi dalam ketersediaan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah. Keberadaan SDA yang membentang dari timur hingga ke barat di wilayah selatan Kabupaten Ngawi berkontribusi besar pada pertumbuhan ekonomi. Sumber yang disediakan alam tersebut meliputi hamparan lahan pertanian, perkebunan hingga keindahan alam yang masih terjaga.

Salah satu SDA yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi adalah mata air Sumber Koso yang berada di wilayah Desa Girikerto, Kecamatan Sine. Sumber air yang tersedia secara alami ini menyajikan pesona kejernihan air yang terus mengalir dan menjadi andalan para petani di area sekitarnya dalam mengelola lahan pertanian.

Dari besarnya debit air yang dihasilkan dari Sumber Koso, sangat bermanfaat bagi pertanian di area Desa Girikerto hingga mampu mewujudkan swasembada pangan. Dengan ketersediaan air yang melimpah tersebut, kebutuhan air untuk lahan pertanian tidak perlu mengandalkan curah hujan.

Tentunya keberadaan air yang melimpah dari Sumber Koso memberikan berkah tersendiri bagi petani. Salah satunya berkah adalah tidak perlu lagi biaya untuk pengadaan air sehingga mampu mengurangi ongkos produksi.

Keberadaan sumber Koso secara tidak langsung mampu mencukupi kebutuhan pangan dasar, masyarakat Desa Girikerto tidak perlu lagi mengandalkan produk dari luar karena melimpahnya hasil pertanian lokal. Hasil pertanian di Desa Girikerto meliputi padi, buah-buahan, sayur-mayur hingga polo pendem. Dari ragam hasil pertanian tersebut melimpah hingga setiap panen harus dijual ke luar desa.

Sumber koso yang berada di lahan ketinggian dengan panorama pohon pinus memiliki keindahan alam luar biasa. Hal inilah yang menjadi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bersama Desa Girikerto dan Perhutani menjadikan Sumber Koso tempat wisata. Untuk menunjang ketersediaan fasilitas bagi pengunjung, Sumber Koso dilengkapi dengan panorama alam buatan, wahana bermain dan sarana untuk camping.

Selain fasilitas tersebut, panitia juga menyediakan lahan parkir luas, tempat ibadah, toilet maupun warung yang menjual berbagai kebutuhan pengunjung. Tentunya dengan ketersediaan fasilitas layak di Sumber Koso, destinasi wisata ini layak untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga.

Sebelum disulap menjadi wahana wisata, mata air Sumber Koso dikenal sebagai tempat memiliki nuansa mistis di lingkungan warga sekitar. Banyak mitos yang dipercaya masyarakat sekitar hingga saat ini. Salah satu mitos yang diyakini masyarakat adalah air Sumber Koso memiliki khasiat awet muda dengan cara mandi maupun membasuh muka.

Informasi lain terkait sumber Koso adalah tradisi ritual menyucikan pusaka. Pada momen tertentu, ritual jamas pusaka atau memandikan pusaka juga sering dilakukan. Selain itu, praktisi supranatural berkeyakinan bila Sumber Koso merupakan gudang pusaka gaib dengan aneka ragam.

Lokasi menuju Sumber Koso cukup mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari pusat Kota Ngawi, perjalanan dapat ditempuh kurang lebih selama 40 menit. Memasuki 5 atau 6 kilo menjelang Sumber Koso, perjalanan akan disuguhi hamparan hijau berbukit dengan panorama Gunung Lawu.

Bagi masyarakat yang tertarik menikmati keindahan Sumber Koso, cukup mengeluarkan Rp5 ribu sebagai ganti dana kebersihan. Sedangkan untuk biaya camping selama sehari semalam hanya ditarif Rp7 ribu.

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 07.30-15.30
Jum'at : 07.30-14.00
Sabtu-Minggu : Libur