SRIGATI

Srigati adalah Sistem Informasi Administrasi Desa Terintegrasi yang di launching Bupati Ngawi pada Rabu (03/02/22) di Kurnia convention hall, Desa Beran, Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi. Sistem yang perwujudannya dalam bentuk aplikasi tersebut merupakan produk kerjasama antara Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Ngawi dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan dyesa (DPMD) Kabupaten Ngawi.

Pada aplikasi Srigati, terdapat fitur-fitur yang dibangun khusus untuk Pemerintah Desa sebagai alat bantu penyimpan data, penyampai informasi hingga layanan administrasi secara digital serta layanan mandiri. Dengan penggunaan aplikasi Srigati, Desa akan mendapatkan kemudahan dalam pengelolaan administrasi sekaligus menghasilkan data lebih akurat dan cepat dibanding dengan sistem konvensional.

Paska launching aplikasi Srigati, DPMD Kabupaten Ngawi bekerja sama dengan Diskominfo Kabupaten Ngawi telah melaksanakan tiga kali agenda pertemuan dengan administrator dari Desa yang ada di Kabupaten Ngawi. Agenda tersebut terbagi dalam tiga fase yaitu tahap pengenalan, tahap pelatihan dan tahap pemantapan. Penetapan tahapan-tahapan tersebut didasarkan kompleksnya aplikasi Srigati, sehingga tidak bisa dilakukan pelatihan secara langsung dan menyeluruh.

Pada fase pengenalan atau sosialisasi aplikasi Srigati di gedung Kesenian dari tanggal 17-20 Mei 2022, diskominfo Kabupaten Ngawi yang bertanggung jawab pada software menjadi narasumber. Pada tahap ini, fungsi dan manfaat aplikasi Srigati disampaikan secara umum pada 213 administrator dari desa yang ada di Ngawi. Selain itu, narasumber juga menyampaikan secara garis besar fungsi maupun manfaat fitur-fitur yang ada di dalamnya.

Untuk fase kedua atau fase pelatihan, DPMD Kabupaten Ngawi bekerja sama dengan diskominfo Kabupaten Ngawi serta Forum Operator Website Desa (Forwebsa) Kabupaten Ngawi mengadakan pelatihan di 13 Kecamatan dengan melibatkan 426 peserta. Pada fase ini, seluruh peserta pelatihan diberikan bekal pengetahuan terkait dengan pengelolaan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Srigati.

Sedangkan untuk fase ketiga, DPMD Kabupaten Ngawi melaksanakan agenda pemantapan pelaksanaan aplikasi Srigati pada 21-23 November 2022. Untuk pelaksanaannya, 213 administrator Srigati dari desa yang ada di Kabupaten Ngawi mendapat pembekalan final di Tahun 2022. Kemudian, pada kegiatan yang sama juga dilakukan pengujian untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan peserta memahami aplikasi Srigati.

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 07.30-15.30
Jum'at : 07.30-14.00
Sabtu-Minggu : Libur