16 April 2024

Masyarakat Desa Cangakan, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi, masih sangat memegang teguh adat-istiadat peninggalan nenek moyang mereka. Hal itu disadari bila tradisi menjadi bagian budaya yang menjadi identitas penting dalam suatu wilayah tertentu.

Salah satu yang menjadi tradisi adalah acara Nyadran atau adat bersih desa. Acara tersebut diadakan setahun sekali pada hari Senin Pon, dengan bulan yang disesuaikan dengan hitungan bulan baik menurut pehitungan jawa.

Pada tahun 2023 ini, acara Nyadran bertepatan dengan bulan Ramadhan. Acara dimulai dengan bersih-bersih lingkungan rumah masing-masing, kemudian dilanjutkan dengan membersihkan lingkungan halaman Sendang Gede. Tempat ini dulunya merupakan sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari, namun seiring perubahan zaman sekarang sudah tidak dipergunakan lagi karena masyarakat sudah membuat sumur sendiri-sendiri.

Acara bersih desa diadakan sebagai perwujudan rasa syukur pada Allah SWT dan sebagai sarana untuk memohon doa keselamatan dan dijauhkan dari balak dan bencana. Masyarakat juga mengirimkan doa untuk para arwah leluhur yang telah meninggalkan mereka agar diampuni segala dosanya. Acara selamatan dan doa bersama diadakan di rumah Kepala Desa Cangakan Riyanto.

Meskipun zaman terus berubah, masyarakat Desa Cangakan masih memegang erat tradisi dan adat-istiadat mereka. Mereka tetap mempertahankan kebiasaan lama tersebut sebagai bentuk penghormatan pada leluhur mereka serta sebagai wujud rasa syukur dan ketaatan pada Tuhan Yang Maha Esa

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 07.30-15.30
Jum'at : 07.30-14.00
Sabtu-Minggu : Libur
Terimakasih telah menghubungi kami. Layanan akan kami proses pada jam kerja. Sertakan copy/ scan/photo ID anda untuk pengisian buku tamu.