23 April 2024

Tradisi Methil di Desa Legowetan

Methil merupakan tradisi jawa sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan atas melimpahnya hasil panen. Tradisi ini biasanya ditandai dengan sedekah makanan di lahan yang akan dipanen.

Tradisi methil juga masih terjaga dan selalu dilaksanakan warga di Desa Legowetan, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi, disetiap menjelang panen.

Seperti pada Kamis (9/3/22), Kepala Desa Legowetan (Ida Dwi Rinawati) mengadakan methil dilokasi persawahan miliknya. Methil kali ini dilaksanakan bersama warga yang membantu dalam pemanenenan padi.

“Semoga hasil panen kali ini lebih baik dari panen sebelumnya, yang mana kita ketahui hama tikus, wereng, dan lainnya sudah tidak separah musim kemarin,” tuturnya.

Kades Lego Wetan berharap bila tradisi Methil ini tetap diadakan disetiap musim panen. Hal tersebut berkaitan dengan nilai-nilai luhur yang terkandung didalamnya tetap terjaga dari pengaruh modernisasi.

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 07.30-15.30
Jum'at : 07.30-14.00
Sabtu-Minggu : Libur
Terimakasih telah menghubungi kami. Layanan akan kami proses pada jam kerja. Sertakan copy/ scan/photo ID anda untuk pengisian buku tamu.