24 April 2024

Pelatihan Pembuatan Biosaka di Desa Cangankan

Pemerintah Kabupaten Ngawi terus menggalakkan pertanian organik guna menyelamatkan alam maupun menjaga hasil pertanian untuk kesehatan. Upaya tersebut dilakukan dengan pembuatan berbagai pupuk organik.

Salah satu upaya dalam mewujudkan pertanian organik dilaksanakan Pemerintah Desa Cangakan, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi bersama kelompok tani menyelenggarakan pelatihan membuat Biosaka pada Rabu (22/2/23).

Pembuatan Biosaka dilaksanakan di salah satu pengurus kelompok tani Dusun Cangakan II, diikuti sekitar petani yang dipandu oleh BTT Dinas Pertanian Kecamatan kaserman.

Biosangka sendiri merupakan larutan ekstrak tumbuhan yang berperan sebagai elisitator yang dapat meningkatkan produktivitas tanaman.

Pada pembuatan Biosaka kali ini, dipraktekkan dari berbagai jenis tanaman seperti Tutup Bumi, Meniran, Kitolod, Maman Ungu, Patokan Kebo, maupun anting-anting.

Pada penggunaan Biosaka, petani mendapatkan beberapa keuntungan. Keuntungan tersebut meliputi nutrisi ramah lingkungan, hemat biaya, hemat pupuk hingga 50%, menurunkan penggunaan pestisida kimia, mengurangi serangan hama dan penyakit, lahan lebih subur dan produksi lebih baik.

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 07.30-15.30
Jum'at : 07.30-14.00
Sabtu-Minggu : Libur
Terimakasih telah menghubungi kami. Layanan akan kami proses pada jam kerja. Sertakan copy/ scan/photo ID anda untuk pengisian buku tamu.