29 March 2024

Rapat koordinasi peningkatan peran Asosiasi Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (SPAMS) yang dilaksanakan pada pada Kamis, 5 Januari 2023 di Sumber Koso Desa Girikerto. Dalam kesempatan ini dihariri oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ngawi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Ngawi,  Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi, Dinas Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Kabupaten Ngawi,  Kepala Desa Girikerto, Asosiasi KPSPAMS Jawa Timur, dan asosiasi se-Kabupaten Ngawi.

Rakor ini merupakan pertemuan dan wadah dari Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS) sekaligus sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam pencapaian akses air minum dan sanitasi di desa. Jumlah anggota Asosiasi SPAMS di Kabupaten Ngawi pada tahun 2022 berjumlah 107 anggota.

Peran Asosiasi SPAMS selama ini antara lain sebagai penghubung informasi dari dinas terkait tentang pengelolaan SPAMS, membantu SPAMS baru dalam manajemen pengelolaan, menjadi wadah dalam saling bertukar informasi sesama anggota SPAMS. 

Untuk lebih meningkatkan fungsi SPAMS agar lebih optimal pada tahun 2023 dinas pemberdayaan masyarakat dan Desa Kabupaten Ngawi memberikan pembinaan dan pelatihan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, antara lain yaitu membina dalam hal kelembagaan dan Badan Usaha milik Desa (BUMDes).

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 07.30-15.30
Jum'at : 07.30-14.00
Sabtu-Minggu : Libur
Terimakasih telah menghubungi kami. Layanan akan kami proses pada jam kerja. Sertakan copy/ scan/photo ID anda untuk pengisian buku tamu.