25 April 2024

Warga Menderita Cikungunya, Pemdes Gemarang Lakukan Fogging

Pemerintah Desa Gemarang, Kecamatan Kedungglar, Kabupaten Ngawi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melakukan pengasapan (Fogging). Kegiatan ini dalam rangka penanganan terhadap penyebaran penyakit chikungunya di Dusun Jambe pada Selasa (13/12/22).

Fogging dilakukan pada radius 200 meter dari lokasi warga yang terserang chikungunya. Hal ini dilakukan agar pergerakan nyamuk penyebab chikungunya tidak meluas.

Pelaksanaan fogging di agendakan selama 2 hari untuk mencapai seluruh wilayah Dusun Jambe. Untuk bahan yang digunakan dalam fogging yaitu pestisida yang efektif membunuh nyamuk dewasa. Namun bahan ini tidak efektif untuk membunuh jentik maupun larva.

Sebelum proses fogging, warga dihimbau untuk:
-Menutup makanan dan minuman
-Mengeluarkan hewan piaraan dari rumah atau kandang
-Menutup semua jendela, pintu dan ventilasi
-Mengikat kelambu
-Aquarium supaya dimatikan pompa udaranya
-Kompor dimatikan
-Penghuni rumah menunggu diluar sampai dengan 30 menit dan menjauh dari kepulan asap.

“Kami sangat berterima kasih dan senang, keluhan kami langsung direspon oleh dinas terkait, karena banyak warga yang terkena dan semakin mengkhawatirkan, semoga dengan adanya penyemprotan ini, wabah cikungunya di Dusun kami segera dapat teratasi” tutur Yuyun warga Dusun Jambe.

Sementara, Kepala Desa Gemarang juga hadir dalam kegiatan ini. Kehadiran kepala desa untuk memastikan titik-titik yang terdampak penyakit chikungunya benar-benar mendapatkan fogging.

“Semoga masalah ini segera teratasi dan wabah cikungunya ini tidak semakin meluas,” tutur Sunarni Kepala Desa Gemarang.

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 07.30-15.30
Jum'at : 07.30-14.00
Sabtu-Minggu : Libur
Terimakasih telah menghubungi kami. Layanan akan kami proses pada jam kerja. Sertakan copy/ scan/photo ID anda untuk pengisian buku tamu.