19 April 2024

Dero, Salah Satu Desa Dengan Administrasi Baik

Pemerintah Desa di Kabupaten Ngawi terus melakukan pembenahan dalam pengelolaan administrasi. Pembenahan tidak hanya sebatas peningkatan kapasitas aparatur Desa, namun juga menyentuh metode atau penggunaan sistem dari konvensional ke digital.

Salah satu Desa yang sedang melakukan transisi metode pengelolaan administrasi adalah Dero. Desa yang terletak di wilayah Kecamatan Bringin tersebut, tercatat memiliki reputasi baik dalam dokumentasi administrasi. Sistem surat-menyurat terdokumentasi secara rapi sekalipun masih konvensional.

“Semua data tercatat di sini, dan surat-menyurat untuk administrasi kependudukan maupun lainnya juga terdokumentasi melalui salinan surat dengan tanda tangan basah. Jadi kita juga punya salinan surat-surat keluar,” terang Sri Rahayu Kepala Seksi Pemerintahan Desa Dero.

Bila melihat data yang sudah diinput dalam aplikasi Srigati, pemerintah Desa Dero mengalami peningkatan signifikan dalam hal dokumen digital. Peningkatan tersebut terlihat paska dilakukan peningkatan pemantapan aplikasi Srigati di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi beberapa waktu lalu.

Hingga Senin (5/12/22), Desa Dero sudah menginput 2772 jiwa data kependudukan di aplikasi Srigati. Data tersebut meliputi 97,5% dari jumlah penduduk Desa Dero. Dan untuk sisanya di kisaran 70 jiwa masih dalam proses perlengkapan data sebelum diinput ke Srigati.

“Untuk sisanya sekitar 70-an jiwa masih kita lengkapi. Mungkin minggu ini sudah selesai 100%. Dan kita akan manfaatkan fasilitas cetak surat di aplikasi Srigati untuk layanan surat-menyurat,” lanjut Sri Rahayu.

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 07.30-15.30
Jum'at : 07.30-14.00
Sabtu-Minggu : Libur
Terimakasih telah menghubungi kami. Layanan akan kami proses pada jam kerja. Sertakan copy/ scan/photo ID anda untuk pengisian buku tamu.