Pembekalan Perangkat Desa, Camat Widodaren: Tingkatkan Kemampuan Menuju Desa Digital

Camat Widodaren Kabupaten Ngawi menghimbau Perangkat Desa untuk meningkatkan kapasitas dalam menyambut Desa digital. Himbauan tersebut terungkap saat penyambutan sekaligus pembekalan pada pelantikan Perangkat Desa Sekaralas pada Senin (28/11/22), di Pendopo Kantor Desa Sekaralas.

“Setelah sah menjadi perangkat Desa Sekaralas, baiknya segera beradaptasi dengan tugas-tugas Desa. Ini sangat penting untuk kemajuan Desa dan layanan pada masyarakat. Caranya bisa bertanya ke perangkat yang sudah senior atau berkonsultasi ke Kecamatan,” terang Peggy Yudo Subekti

Himbauan adaptasi tersebut tidak hanya sebatas pemahaman terhadap administrasi Desa, namun juga sarana-sarana lain yang mendukung kemudahan dalam menjalankan tugas sebagai perangkat Desa. Sarana lain dimaksud adalah pemahaman terhadap teknologi digital yang selama ini menjadi pendukung pada pelaksanaan Pemerintah desa.

“Ke depan, Desa sudah tidak relevan menggunakan cara-cara konvensional, karena sudah bukan zamannya lagi. Karena itulah Perangkat Desa utamanya bagian administrator, harus mampu mengoperasikan komputer. Dan juga paham mengelola aplikasi-aplikasi yang ditetapkan untuk Desa,” lanjut Peggy.

Selain itu, Peggy juga menyampaikan himbauan pada seluruh aparatur Desa yang hadir, terus meningkatkan kemampuan. Hal tersebut masih terkait dengan masa peralihan dari Desa Konvensional ke digital.

“Selain perangkat baru, perangkat yang lain juga harus tetap meningkatkan kapasitas untuk menghadapi era digital. Ke depan Desa dipastikan menggunakan tanda tangan digital. Jadi pelayanan tidak harus di Kantor Desa, tapi bisa di mana saja,” pungkas Peggy.

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 07.30-15.30
Jum'at : 07.30-14.00
Sabtu-Minggu : Libur