Cemue, Minuman Herbal dari Ngawi

Wedang Cemue atau Ronde merupakan minuman hangat yang berasal dari Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Minuman tradisional yang diracik dari berbagai ragam nabati ini sangat cocok dihidangkan saat cuaca dingin sebagai penghangat badan. Cemue memiliki aroma dan rasa khas sesuai bahan dasar untuk pembuatannya seperti jahe, serai dan daun pandan.

Untuk mendapatkan Cemue, biasanya harus menunggu hingga malam hari. Hal itu dikarenakan pertimbangan pedagang terhadap keinginan konsumen yang lebih banyak ingin menikmati Cemue di malam hari. Namun, di beberapa tempat pedagang juga menyediakan Cemue siang hari.

Bila sulit untuk mendapatkan penjual Cemue, bisa mencoba dengan cara membuat sendiri di rumah menggunakan tutorial yang sudah banyak beredar di Medsos maupun media umum yang memuat tentang kuliner. Caranya cukup sederhana dan tidak perlu waktu lama.

Untuk membuat Cemue, perlu disiapkan bahan-bahan seperti jahe kayu manis, santan kelapa, gula pasir, gula merah, garam roti tawar, kacang tanah dan bawang merah goreng. Bila bahan-bahan tersebut sudah tersedia, selanjutnya rebus santan, jahe, kayu manis, gula pasir, gula merah dan garam aduk hingga mendidih dan mengeluarkan bau harum.

Setelah santan dan bahan-bahan tersebut mendidih, tinggal disajikan menggunakan mangkuk atau wadah lainnya yang telah diisi roti tawar dipotong-potong. Kemudian kuah santan dituang ke dalam mangkok. Dan terakhir tinggal menaburkan kacang dan bawang merah goreng.

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 07.30-15.30
Jum'at : 07.30-14.00
Sabtu-Minggu : Libur