24 April 2024

Pencanangan BBGRM XX dan HKG-PKK KE-51

Warisan dari leluhur Bangsa Indonesia yang masih tetap terjaga sampai saat ini adalah  semangat gotong royong, nilai-nilai kegotong royongan inilah yang membedakan Bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain dibelahan dunia manapun.

Untuk menjaga dan melestarikan semangat kegotong royongan tersebut Pemerintah Kabupaten Ngawi menandai dengan momentum pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang pelaksanaannya digabung dengan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK).

BBGRM dan HKG PKK merupakan salah satu moment kegiatan yang mampu memberikan dampak positif dalam kehidupan masyarakat, karena dengan semangat gotong royong dan kebersamaan dalam membangun tatanan sosial yang mandiri, dinamis dan sejahtera akan sangat berharga guna mengakselerasi setiap program pembangunan bangsa ini.

Giat pada  Bulan Mei 2023 (10/05/2023) ini dibuka oleh Bupati Ngawi dan dihadiri oleh Wakil Bupati Ngawi, Ketua DPRD Kabupaten Ngawi, Sekretaris Daerah Kabupaten Ngawi, Ketua TP-PKK Kabupaten Ngawi, Asisten, dan Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ngawi, Camat dan Kepala Desa/ Kelurahan se-Kabupaten Ngawi, Pengurus TP-PKK Kabupaten Ngawi, dan Ketua TP-PKK Kecamatan, Desa/ Kelurahan se-Kabupaten Ngawi;

Dengan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat dan Hari Kesatuan Gerak PKKk diharapkan bisa terjadi sinergitas dan komitmen untuk bersama-sama mempercepat program – program pembangunan, TP PKK Kabupaten Ngawi memiliki andil besar dalam percepatan penurunan stunting, penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi, perilaku hidup bersih dan sehat, keluarga berencana, lingkungan hidup, pemberdayaan ekonomi perempuan, dan taman posyandu.

Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan satu-satunya gerakan pembangunan yang berbasis keluarga dan mitra pemerintah sekaligus pendamping bagi masyarakat dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga. implementasi 10 program pokok pkk diintegrasikan dengan pencapaian target sdgs, utamanya untuk menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), serta percepatan penurunan stunting. mengingat percepatan penurunan stunting merupakan program nasional dan program paling prioritas untuk membangun manusia indonesia.

Tema Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBBGRM) XX Provinsi Jawa Timur Tahun 2023 yaitu DENGAN SEMANGAT GOTONG ROYONG KITA TINGKATKAN TRANSFORMASI EKONOMI YANG INKLUSIF DAN BERKELANJUTAN MENUJU OPTIMIS JATIM BANGKIT , dimaksudkan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada segenap kompenen masyarakat dan pemerintah untuk menciptakan strategi meningkatkan kinerja perekonomian dengan perluasan kesempatan dan kemakmuran ekonomi, serta memberi akses yang luas pada lapisan masyarakat.

          Gotong royong dan pola partisipatoris dalam pembangunan di Kabupaten Ngawi telah dilakukan secara menyeluruh dengan mengikutsertakan seluruh masyarakat, dengan memberikan peluang yang luas kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan menyangkut kebijakan publik. pembangunan untuk semua yang dikerjakan secara bergotong royong dan masyarakat dijadikan sebagai subyek pembangunan (people center development) dalam penyusunan perencanaannya berkoordinasi dengan bpd dan lembaga desa, dengan mekanisme mulai dari musyawarah tingkat rt/rw, desa/ kelurahan, kecamatan, hingga kabupaten hendaknya masyarakat aktif dalam memberikan usul pembangunan yang akan dilakukan dan menjadi panduan selama satu tahun kedepan. demikian juga dengan kebijakan yang dihasilkan, outputnya harus dapat dirasakan seluruh masyarakat Kabupaten Ngawi.

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 07.30-15.30
Jum'at : 07.30-14.00
Sabtu-Minggu : Libur
Terimakasih telah menghubungi kami. Layanan akan kami proses pada jam kerja. Sertakan copy/ scan/photo ID anda untuk pengisian buku tamu.