Pemerintah Desa Cangakan, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi, menunjukkan keseriusannya dalam mengatasi kemiskinan ekstrim di wilayahnya dengan mengalokasikan 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2023.

BLT ini ditujukan untuk membantu 21 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tergolong dalam kategori keluarga lansia yang tinggal tanpa pengampu.

Dalam program BLT ini, setiap keluarga penerima manfaat akan menerima bantuan sebesar 300 ribu rupiah per bulan selama 12 bulan berturut-turut. Tahap pertama penyaluran BLT akan dilakukan selama 3 bulan pada bulan Januari, Februari, dan Maret.

Total anggaran yang disediakan untuk BLT tahun ini sejumlah Rp 75.600.000,- yang berasal dari sumber anggaran Dana Desa (DD). Penyaluran BLT ini dilakukan melalui Bank Jatim dan disalurkan bersama-sama dengan desa-desa lain di Pendopo Kecamatan Kasreman pada Senin (20/3/23).

Pada tahap awal ini, pemerintah desa Cangakan menempatkan prioritas untuk memberikan bantuan kepada keluarga lansia yang tinggal tanpa pengampu. Hal ini disebabkan karena kelompok ini seringkali menjadi kelompok yang rentan terhadap kemiskinan dan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Diharapkan dengan adanya program BLT ini, keluarga penerima manfaat akan lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka. Program BLT ini diharapkan juga mampu memberikan dorongan untuk mengurangi tingkat kemiskinan di Desa Cangakan.

Selain itu, diharapkan juga program ini dapat memberikan motivasi bagi masyarakat untuk terus berusaha meningkatkan taraf hidup mereka dan keluar dari garis kemiskinan.

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 07.30-15.30
Jum'at : 07.30-14.00
Sabtu-Minggu : Libur
Terimakasih telah menghubungi kami. Layanan akan kami proses pada jam kerja. Sertakan copy/ scan/photo ID anda untuk pengisian buku tamu.