26 April 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan panen raya di Ngawi Jawa Timur. Dalam kunjungan pada Sabtu 11 Maret 2023 di Dusun Bulu, Desa Kartoharjo, Kecamatan/ Kabupaten Ngawi  Jokowi memuji kualitas hasil produksi panen di Ngawi. Produktivitas per hektar di Ngawi lebih tinggi daripada daerah lain di Indonesia. Jokowi menambahkan, dari rangkaian Panen Raya Nusantara 1 juta hektare yang serentak dilaksanakan 30 provinsi dan 113 kabupaten, Ngawi menunjukkan hasil paling tinggi. Setiap satu hektare lahan sawah, mampu memproduksi 8,5 hingga 10 ton padi.
Hal itu juga diungkapkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Dia heran produksi sawah di Ngawi begitu melimpah, padahal bukan lahan irigasi. Dia melanjutkan, pemerintah akan terus membantu petani untuk meningkatkan produktivitas lahan. Salah satunya dengan memberi bantuan mesin pemanen padi jenis combine.
Menurutnya, jumlah mesin combine atau alat pemanen padi kepada petani yakni seribu unit. Hal ini karena harga gabah dari hasil panen manual dengan mesin combine sangat beda jauh.
Harga gabah panen manual berkisar Rp 4.700 – 4.900 per kilogram, sedangkan dengan combine berkisar Rp 5.000 sampai Rp 5.500 kata petani.
Setelah melaksanakan panen raya Presiden Jokowi menyerahkan Bansos / Bantuan Tunai berupa uang modal usaha dan paket sembako secara simbolis terhadap 77 (tujuh puluh tujuh) pedagang Pasar Beran.

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 07.30-15.30
Jum'at : 07.30-14.00
Sabtu-Minggu : Libur
Terimakasih telah menghubungi kami. Layanan akan kami proses pada jam kerja. Sertakan copy/ scan/photo ID anda untuk pengisian buku tamu.