26 April 2024

Pemerintah Desa Sukowiyono, Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawi, bersama puluhan petani melakukan pemberantasan hama tikus Minggu (18/12/22). Pemberantasan difokuskan di areal persawahan milik petani Desa Sukowiyono dengan menggunakan teknik obor.

Gotong royong pemberantasan hama tikus yang juga biasa disebut gropyokan tikus merupakan kearifan lokal Desa Sukowiyono. Pelaksanaan kegiatan ini sudah menjadi tradisi saat hama tikus mengganggu tanaman pertanian.

Selain petani maupun unsur dari Pemerintah Desa Sukowiyono, Kegiatan juga dihadiri Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan masyarakat Desa Sukowiyono.

“Gropyokan tikus ini adalah salah satu solusi untuk mengurangi persebaran tikus yang kerap kali merusak tanaman padi,” kata Suparji Kepala Dusun Sukowiyono III usai gropyokan tikus.

Selain gropyokan tikus, Suparji juga menghimbau petani untuk menjaga populasi burung hantu. Dengan terjaganya populasi burung hantu, diharapkan perkembangbiakan tikus dapat ditekan secara alami.

Pada pelaksanaannya, peserta gropyokan tikus membawa alat obor berupa gas LPG, sprayer obor dan belerang. Selain itu, masing-masing beserta juga membawa tongkat sebagai alat pemukul tikus ketika keluar dari lubang.

Dengan gropyokan tersebut, diharapkan dapat mengurangi populasi tikus yang selama ini menjadi hama di lahan pertanian Desa Sukowiyono. Selain itu, dampak berkurangnya hama tikus juga bisa meningkatkan hasil panen.

Kirim Pesan
Butuh Bantuan?
Silahkan berkonsultasi kepada kami dengan Whatsapp melalui nomor ini. Pesan akan dibalas pada saat jam kerja.

Jam Kerja:
Senin-Kamis : 07.30-15.30
Jum'at : 07.30-14.00
Sabtu-Minggu : Libur
Terimakasih telah menghubungi kami. Layanan akan kami proses pada jam kerja. Sertakan copy/ scan/photo ID anda untuk pengisian buku tamu.